Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

b

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Indahnya Telaga Warna Dieng

Dieng sebuah dataran tinggi yang terletak di propinsi jawa tengah dengan ketinggian 2000 mdpl, yang tepatnya di perbatasan kabupaten Wonosobo, Banjarnegara, Pekalongan dan Temanggung. Dieng merupakan dataran tinggi yang memiliki panorama alam yang begitu indah, salah satunya yaitu telaga warna dieng. 


Disebut Telaga Warna karena memiliki keunikan tersendiri berkaitan dengan warna telaga. Terkadang berwarna hijau dan kuning, biru dan kuning, atau berwarna-warni mirip pelangi. Variasi warna ini dipengaruhi cuaca, waktu dan tempat melihatnya. Menurut masyarakat setempat, ada suatu kisah yang menyebabkan warna danau alias telaga itu berwarna-warni.
Konon, dahulu ada cincin milik bangsawan setempat yang bertuah namun terjatuh ke dasar telaga. Sementara dari kajian ilmiah, telaga ini merupakan kawah gunung berapi yang mengandung belerang. Akibatnya, bila air telaga terkena sinar matahari akan dibiaskan menjadi warna-warni yang indah. Udaranya yang sejuk dan temperatur suhunya yang begitu dingin membuat kita betah berlama-lama disana, apalagi dengan orang-orang tercinta. Dipertengahan tahun 2010 tepatnya bulan juni saya bersama teman-teman pergi kesana. Kami berangkat dari jogja kira-kira pukul 08.00 wib dan tiba di sana kurang lebih pukul 15.00, jarak antara dataran tinggi dieng dengan jogja memang cukup jauh pastinya saya tidaj tahu tp memang cukup jauh.Selama perjalanan banyak rintangan yang kami hadapi diantaranya yaitu kami tidak tahu jalan menuju kesana (dieng), sehingga dalam perjalanan kami selalu berhenti sejenak untuk bertanya kepada penduduk mengenai arah jalan menuju dieng. 

Tidak hanya itu faktor cuaca juga menjadi rintangan karena pada waktu kami kesana sedang musim penghujan, sehingga kami harus berhenti sejenak untuk istirahat sambil menunggu hujan reda sehingga kami bisa melanjutkan lagi perjalanan kami ke dieng. Itu lah sebabnya waktu yang kami butuhkan begitu lama untuk menuju kesana. 

Namun setelah sampai di dataran tinggi dieng (telaga warna) semua rintangan yang kami hadapi tadi seakan tak sebanding dengan pesona alam yang begitu mempepesona yang kami dapatkan disana. 

Setiap musim liburan datang datang dataran tinggi dieng (telaga warna) selalu ramai di datangi pengujung baik lokal maupun mancanegara.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar